Love Lock Story at Namsan Tower

Gembok cinta berbentuk hati di Namsan Tower

Gembok cinta berbentuk hati di Namsan Tower pada tahun 2008

Bagi kalian pencinta drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan kisah LOVE LOCK di Korea. Ya, tren memasang sepasang gembok cinta untuk para kekasih (atau untuk keluarga atau teman juga boleh kalau kalian tidak punya pacar, uhuk!) ini semakin heboh dari tahun ke tahun. Kalau kalian sudah nonton drama My Love from the Stars, pasti tahu dong adegan Cheon Song Yi dan Do Min Joon memasang gembok cinta ada di episode berapa? Hayo, apa jawabannya? Silakan komen di bawah kalau tahu, hehe…

So sweeeetttt!!!

So sweeeetttt!!!

Gembok cinta yang berwarna-warni

Di sinilah Cheon Song Yi dan Do Min Joon memasang gembok mereka, di dek atas Namsan Tower

Baiklah, lanjut.

Tempat para kekasih kasmaran itu memasang gembok cinta adalah di N Seoul Tower, atau yang lebih populer disebut Namsan Tower. Menara tertinggi (236,7 m) di Seoul ini berada di Gunung Namsan. Menara yang memiliki ruang observasi, museum, toko suvenir, dan restoran (tempat Cheon Song Yi menunggu Do Min Joon untuk perayaan hari keseratus hubungan mereka) ini dibuka pertama kalinya pada tahun 1980. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari pusat kota Seoul. Naik saja kereta subway menuju Stasiun Itaewon, lalu keluar di Exit 4 dan carilah bus nomor 03 dengan tujuan Namsan. Kalian akan turun di kaki gunung Namsan dan harus berjalan kaki beberapa ratus meter ke atas.Tenang saja, jalannya aspal dan mulus. Bukan tanah berbatu-batu seperti Gunung Gede.

Saya pertama kali Korea pada musim dingin tahun 2008. Ketika itu tren K-Wave atau Hallyu belum seheboh sekarang. Saya masih bisa berjalan-jalan dengan santai dantenang saat berkeliling Seoul. Beda dengan sekarang, turis sangat ramai dan padat. Saya pun bangga karena saat itu bisa menginjakkan kaki di Namsan Tower.  Di sanalah saya menyaksikan awal mula tren memasang gembok cinta. Saat itu gemboknya masih sangat sedikit. Ketika saya kembali lagi ke Korea di tahun 2011, tempat ini berubah drastis. Semua pagar dipadati oleh gembok berwarna-warni. Apalagi tahun 2014 ini, pasti jumlah gembok di sini akan bertambah karena sering muncul dalam drama-drama Korea.

Gembok yang masih sedikit di tahun 2008

Gembok yang masih sedikit di tahun 2008

Ribuan gembok di tahun 2011

Di tempat yang sama pada tahun 2011

Lalu, bagaimana cara melakukan ritual pengabadian cinta ini?

PERTAMA. Kamu harus membeli gembok dengan pacar kamu, boleh satu, boleh dua, apalagi selusin. Nah, di Korea kamu bisa menemukan gembok dengan berbagai bentuk dan warna yang lucu. Pilihlah gembok favorit kamu. Kalau takut pacar kamu diambil orang, mungkin kamu bisa membeli gembok motor atau gembok pagar yang besar supaya aman.

KEDUA. Kamu bisa membuat kreasi unikmu sendiri untuk menghias gembok. Nah, saya lihat gembok di sini macam-macam. Ada yang ditulisi kata-kata mutiara, ada yang ditempel photo sticker, ada beberapa buah gembok yang dirangkai, dan lain-lain.

KETIGA. Pasang kuncinya di tempat yang tersedia, ya. Bisa di pagar atau di pohon gembok yang disediakan. Jangan pasang di pintu museumnya, nanti pengunjung tidak bisa keluar.

KEEMPAT. Setelah gembok kamu dan pasangan bertakhta di tempatnya, silakan dikunci. Dulu setahu saya kuncinya dilempar ke bawah gunung. Filosofinya adalah supaya cinta kamu terkunci selamanya. Asalkan pacar kamu tidak menyimpan kunci serepnya, ya! Tapi, waktu menonton My Love from the Stars, saya lihat Cheon Song Yi memasukkan kuncinya ke sebuah tempat seperti kotak pos. Mungkin tempat itu sengaja disediakan karena adegan melempar kunci ke bawah gunung sudah banyak makan korban. Mungkin banyak yang ketimpuk kunci, hahaha.

KELIMA. Selesai. Terserah kamu mau lanjut ngapain, bisa berkunjung ke Teddy Bear Museum dengan tiket masuk 8.000 won dan menikmati beruang-beruang Teddy nan lucu dalam berbagai gaya. Wajib juga ke Observatory Room karena bisa melihat pemandangan kota Seoul dari segala arah. 360 derajat. Kamu juga bisa memakai teropong yang disediakan, masukkan saja koin sesuai harga yang tertera di teropong.

Salah satu sisi pagar di Namsan Tower pada tahun 2008

Salah satu sisi pagar di Namsan Tower pada tahun 2008

Salah satu kreasi gembok cinta dengan photo sticker

Salah satu kreasi gembok cinta dengan photo sticker

Bandingkan banyaknya gembok pada tahun 2011

Bandingkan banyaknya gembok pada tahun 2011

Berbagai gembok cinta unik yang difoto pada tahun 2011

Berbagai gembok cinta unik yang difoto pada tahun 2011

Kota Seoul dilhat dari Namsan Tower

Kota Seoul dilhat dari Namsan Tower

Sebelum pulang harus selfie dulu di sini, hohoho!

Sebelum pulang harus selfie dulu di sini, hohoho!

 

Profile photo of Yuki Anggia
editor | travel writer | author of www.ohelterskelter.com |