Sup Ayam Ginseng Korea yang Menghangatkan

241625_sup-ayam-ginseng-khas-korea_663_498
Di Korea Selatan, sudah merupakan budaya untuk mengobati suatu penyakit dengan makanan atau minuman tertentu. Beragam rempah dan tanaman herbal digunakan dalam pembuatan makanan atau minuman untuk mengobati penyakit-penyakit yang umum diderita seperti demam, flu dan batuk.

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan masyarakat Korea karena manfaatnya seperti memberikan stamina, menurunkan tekanan darah, gula darah dan kolesterol. Ginseng juga bermanfaat dalam meningkatkan memori otak hingga menyembuhkan impotensi.

Dikutip dari laman Korean Food, hidangan yang paling umum dikonsumsi untuk meredakan rasa lelah atau menyembuhkan flu dan batuk ialah sup ayam ginseng. Ayam dimasak dalam bentuk utuh dengan isian beras, ginseng, bawang putih dan jahe.

Tak ada salahnya untuk mempelajari resep Korea Selatan yang satu ini. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapat di pasar atau supermarket terdekat.

Bahan-bahan:
2 ekor ayam utuh ukuran kecil
2 buah ginseng kering
7-8 kacang chestnut atau kastanye, kupas
9-10 kurma kering
1-2 cangkir beras
8 siung bawang putih, kupas
1/4 inchi jahe, kupas dan iris dua
9 cangkir air
2 batang daun bawang, iris tipis
Garam
Lada

Cara memasak:
1. Bersihkan ayam dengan mencucinya hingga benar-benar bersih dan buang lemak berlebih, namun jangan buang bagian kulitnya.

2. Isi ayam dengan beras, kacang chestnut dan bawang putih.

3. Masukkan ayam, ginseng, kurma, jahe dan air ke dalam panci berukuran besar.

4. Masak dengan api sedang hingga air mendidih lalu kecilkan api. Masak dengan api kecil selama 1,5 hingga 2 jam.

5. Setelah daging ayam dapat dilepas dengan mudah dari tulang. Tambahkan garam dan merica secukupnya.

6. Tuangkan sup ke dalam mangkuk dan sajikan dengan irisan daun bawang di atasnya.

 

Catatan: Jangan memasaknya lebih dari 2 jam karena daging ayam akan menjadi terlalu lembek.

 

Profile photo of adelleda
everything will better in the morning, if it still not work then just wait for another morning until it's getting better. ^^ Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with healthcare things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially Jung Hae In oppa... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^