11 Tempat Wisata Murah di Seoul

 Trick Eye Museum, Seoul (Foto: koreaye)

KOREAN Wave nampaknya masih menjadi magnet bagi banyak orang. Tak hanya dari dunia hiburan, sektor pariwiasata di negeri Gingseng tersebut semakin dilirik. Biasanya, para turis akan mengunjungi tempat wisata yang dijadikan lokasi syuting dalam sebuah drama atau reality show terkenal.

Namun, tak sedikit turis yang menganggap liburan ke Korea Selatan terutama ke ibukotanya, Seoul, membutuhkan budget yang besar. Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa berkunjung ke negara asal Super Junior tersebut dengan biaya sekitar Rp3 juta-Rp4 juta.

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa dijadikan pilihan liburan hemat dan murah di Korea Selatan.

SM, YG, JYP
Tiga agensi besar ini menjadi daerah wisata para turis pecinta Kpop. Anda bisa berfoto di depan gedung yang dipenuhi dengan poster penyanyi terkenal, seperti Super Junior, Girl’s Generation, Big Bang, SNSD, 2PM, Miss A, dan masih banyak. Tiga agensi ini letaknya tidak berjauhan, yaitu berada di Gangnam. Anda bisa pergi menggunakan subway yang biayanya sekitar 1600 won (Rp16 ribu).

Trick Eye Museum

Untuk Anda yang gemar foto, ini adalah tempat yang tepat. Trick Eye Museum berada di Hongdae, dan tiket masuknya cukup murah, yaitu 15 ribu won (Rp150 ribu). Dipenuhi dengan berbagai lukisan unik seperti tiga dimensi, hasil foto yang diambil pun akan terlihat nyata.

Doksogung Palace & Gyeongbokgung Palace

Tak lengkap rasanya jika ke Korea Selatan tanpa berkunjung ke salah satu istana terkenal seperti Doksogung Palace dan Gyeongbokgung Palace. Kedua lokasi istana ini sangat berdekatan. Harga tiket masuk ke Doksogung Palace hanya 1000 won (Rp10 ribu), sedangkan Gyeongbokgung Palace 3000 won (Rp30 ribu). Di Gyeongbokgung, Anda juga bisa mencoba seragam pengawal istana secara gratis. Namun, petugas hanya memberikan waktu selama 15 menit untuk berfoto dengan seragam tersebut.

Kona Beans Cafe

Ini adalah cafe milik ibu dari tiga personel Super Junior, yaitu Leeteuk, Kyuhyun, dan Sungmin. Harga makanan dan minuman yang dijual tak jauh beda dengan kedai kopi di Indonesia. Kalau beruntung, Anda bisa bertemu dan berfoto bersama salah satu ibu dari personel Suju. Mereka sangat ramah ketika diajak berfoto oleh penggemar yang datang.

Tak perlu keluar uang banyak saat pelesir di luar negeri. Apalagi di Seoul, ibukota Korea Selatan yang sedang populer di kalangan wisatawan Indonesia. Banyak atraksi wisata di kota ini yang terjangkau lho! Simak ulasannya berikut ini:

Banpo Bridge, Seoul (Foto: dramafever)
Namsan Tower

Namsan Tower adalah tempat yang paling banyak dijadikan lokasi syuting drama Korea. Tak heran jika turis selalu menjadikannya sebagai tempat tujuan favorit. Anda bisa berfoto di deretan gembok cinta atau Lock Love yang sangat terkenal. Hanya saja perjalanan ke sini cukup menguras tenaga karena sedikit menanjak. Tapi tak usah khawatir, ada cable car yang langsung membawa Anda ke atas jika tak ingin menaiki anak tangga. Anda hanya perlu membayar 8000 won (Rp80 ribu) untuk perjalanan pulang pergi.

Teddy Bear Museum

Jika Anda pernah menyaksikan Princess Hours, pasti sudah tak asing lagi dengan boneka Teddy Bear yang selalu ditampilkan di drama tersebut. Ternyata, ada museum yang khusus memajang berbagai jenis Teddy Bear. Boneka itu dihias sedemikian rupa dan memerlihatkan kehidupan masyarakat Korea sejak jaman kerajaan, hingga modern. Lokasinya berada di Namsan Tower. Anda bisa membeli tiket Teddy Bear Museum sebesar 6000 won (Rp60 ribu). Jangan salah masuk, Anda harus terlebih dulu masuk ke Teddy Bear Museum I (jaman kerajaan), lalu pindah ke Teddy Bear Museum II (jaman modern).

Dongdaemun dan Myeongdong
Untuk Anda yang ingin belanja, dua tempat ini adalah pilihan yang tepat. Dibandingkan Myeongdong, harga pakaian di Dongdaemun jauh lebih murah dan bisa ditawar. Dongdaemun juga buka 24 jam, jadi Anda dapat santai mencari barang yang disukai hingga tengah malam. Harga pakaian di Dongdaemun mulai dari 5000 won (Rp50 ribu).

Namdemun
Ini adalah tempat yang cocok untuk belanja cinderamata, seperti gantungan kunci, T-Shirt, sumpit, pin, dan masih banyak lagi. Harganya sangat terjangkau, mulai dari 8000 won (Rp80 ribu). Jika pintar menawar, Anda bisa saja mendapat harga yang lebih murah. Para pedagang di sini juga banyak yang mengerti bahasa Indonesia, jadi Anda tidak akan kesulitan.

Banpo Bridge
Salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika berlibur ke Korea Selatan adalah Banpo Bridge yang terkenal dengan atraksi Rainbow Fountain. Anda bisa menikmati keindahan air mancur dari atas jembatan yang terlihat berwarna-warni. Suasana akan semakin romantis jika menyaksikannya pada malam hari, apalagi pertunjukan air mancur ini diiringi oleh alunan musik merdu. Namun, atraksi tersebut hanya bisa disaksikan pada bulan April-Oktober, karena saat musim dingin, air di sungai Han berubah menjadi es. Pertunjukan berlangsung selama 15 menit setiap satu jam. Jika ingin ke sini dengan subway, Anda harus berhenti di stasiun Dongjak, dan jalan kaki mengikuti petunjuk jalan selama 15 menit.

Makan di pinggir jalan

Jangan lupa untuk mencoba makanan di pinggir jalan, seperti teokbokki, odeng, sosis goreng, dan masih banyak lagi. Harganya mulai 2500-5000 won (Rp25 ribu-Rp50 ribu).

Profile photo of adelleda
everything will better in the morning, if it still not work then just wait for another morning until it's getting better. ^^ Love Kpop, KDrama & Korea! Call me Noona or Eonni but please not admin :( Too busy to dating because too worry about the next episode...haha. Fall in love with Kyuhyunie with a million pieces of him at gwanghwamun ^^ ready to talk about Korean things but currently so busy with healthcare things. Soft hearted fans of Super Junior and all handsome Korean actor especially Jung Hae In oppa... Let's laugh! See you when I see you, Jeolchin ^^